Singles Day dan Cakue

Perayaan Singles Day
China memang unik, Selain pemandangannya indah, makanannya enak2, cewenya cantik2 (ups)...budaya mereka juga menarik banget. Ternyata ga cuma remaja Indo yg sering galau akibat jomblo, remaja di China juga sama2 "sensi" terhadap hal tersebut. Sampe2, mereka punya satu hari khusus untuk menghargai para jomblo tersebut, yaitu "Guang Gun Jie" atau "Singles Day" yg jatuh pada setiap tanggal 11 November.

Tradisi ini bermula di tahun 1990, di mana konon setiap tanggal 11 November, para mahasiswa yg jomblo akan berkumpul, membentuk grup yg terdiri dari 4 orang, dan mengadakan lomba Mahjong dari jam 11 pagi hingga jam 11 malam. Kenapa setiap tanggal 11 November? Karena tanggal tersebut mengandung empat buah angka "1" Percaya ga percaya, orang2 China tuh sangat percaya takhayul. Dan mereka percaya bahwa segala sesuatu di dalam hidup tidak ada yg hanya sekedar kebetulan, tapi ada arti tersembunyi di baliknya. Lambat laun, tradisi ini pun mulai menyebar ke masyarakat, dan kini, 11 November sudah secara resmi ditetapkan sebagai "Singles Day"

acara singles day

Ada berbagai cara untuk merayakan Singles Day. Yg paling umum adalah berkumpul untuk makan malam bersama teman-teman yang jomblo, tapi masing2 akan membayar sendiri makanannya, sebagai simbol "kemandirian" Jaman sekarang, banyak juga perkumpulan/organisasi yg mengadakan gathering atau "blind date"untuk membantu para anggotanya melepas status lajang.

Tapi di China, angka "1" tidak hanya melambangkan seorang jomblo, tapi angka 1 ini juga melambangkan arti "the special one" sehingga banyak pasangan yang memanfaatkan momen special ini untuk mengungkapkan rasa sayangnya kepada "the only one", yaitu pasangan mereka. Banyak orang juga yg memutuskan untuk menikah di tanggal yg unik ini, terutama di tahun 2011 silam di mana di tanggalnya terdapat bukan 4, tapi 6 buah angka "1" (11.11.11)

Sementara para pasangan sibuk ngedate di Singles Day ini, para jomblo kebanyakan melewatkan waktu mereka dengan cara shopping. Mereka2 yg tidak punya tambatan hati, menghibur diri dengan cara menyenangkan hati dengan belanja barang2 yg mereka sukai. Mereka punya slogan : "Tidak apa-apa tidak punya "hati" (心), selama masih ada "uang" (钱)". Secara tidak langsung, para jomblo tersebut mau mencibir para pasangan "Biarin gue jomblo, gue bisa pake duit gue untuk menyenangkan diri sendiri..."

Banyak toko dan pusat perbelanjaan yg memberikan diskon khusus. Bahkan toko online Taobao (Amazonnya China) memberikan diskon hingga 70% untuk sebagian besar produknya dengan maksud untuk menghibur para customernya yg jomblo. Akibatnya, menurut berita tadi pagi, tanggal 11 November 2012 kemaren, selama 18 jam, telah terjadi pembelanjaan sebanyak 18.100.000.000 Yuan di Internet. Akibatnya, pagi ini, perusahaan paket ekspress di China terpaksa harus menugaskan sekitar 8,000.000 armada untuk mengantarkan barang2 tersebut. Gila ya? Berarti di China banyak banget donk yg jomblo? o_0

Asik banget ya? Barang yg dijual juga aneh2, dan sangat berbau jomblo...salah satunya adalah bantal di bawah ini :

bantal untuk jomblo
Bantal khusus Jomblo, hahaha

Selain melalui pesta atau festival Singles Day ini, orang2 China juga suka makan sebuah "menu special" yg terdiri dari 4 buah cakue yg melambangkan angka "1" dan 1 buah bakpau yg melambangkan titik di tengah. Temen2 tau ga, ternyata cakue tuh ada sejarahnya. Bagaimana sih ceritanya?

cakwe dan acara jomblo

Jadi jaman dahulu kala, pada jaman Dinasti Song, ada seorang jendral bernama "Yue Fei" yg sangat arif bijaksana dan dicintai di masyarakat. Tapi suatu hari, jendral tersebut tewas di medan perang akibat dikhianati oleh sepasang suami istri, di mana sang suami yg bernama "Qin Hui" adalah letnan sang jendral sendiri. Untuk mengungkapkan rasa duka dan juga benci terhadap Qin Hui dan istrinya, masyarakat membuat kue "Cakue" ini.

Konon, pada awalnya, Cakue (You Tiao 油条) adalah dua buah pasang kue yg dibentuk mirip seperti bentuk manusia, tapi kemudian bentuknya berevolusi menjadi dua potongan panjang yg menyambung di tengah seperti yg kita kenal sekarang ini. Cakue yg melambangkan kedua suami-istri tersebut kemudian digoreng dengan minyak panas dan dimakan, dikunyah, seolah2 menggambarkan balas dendam masyarakat terhadap suami-istri Qin Hui tersebut.



Sebagai seorang pelajar asing yg baik hati dan rajin menabung (cieee), gua juga ga mau ketinggalan perayaan Guang Gun Jie ini. Tapi sayangnya, di kampus gua, di Guang Gun Jie ini tidak ada event atau festival yg bisa gua datengin. Untungnya, Max, bule Ukraina yg jadi roommate gua, punya banyak fans dan salah satunya, dari kampus seberang, ngajakin dia untuk dateng ke festival Guang Gun Jie di kampusnya.

Jam 7 gua dan Max berangkat ke Qing Mao Daxue yg letaknya di seberang kampus kita. Dan begitu kita sampe di sana, kita lumayan merinding ngeliat tempat pestanya...sebuah gedung raksasa berisi ratusan pelajar China... Kita sempet deg2an karena kita berdua mungkin satu2nya orang asing di antara ratusan, tapi begitu ngeliat banyak cewe2 cantik yg antri di pintu masuknya, gua dan Max pun akhirnya memberanikan diri untuk masuk...demi masa depan yg lebih baik, hehehe...

Pesta Single Day sendiri adalah kombinasi antara dance party dan nonton pertunjukan. Jadi ada MC yg bawa acara di panggung, kemudian ada pertunjukan seperti dance dan kabaret, dan di sela2 acara, supaya audiencenya ga bosen, diselingi dengan sesi dance bareng. Acaranya unik dan lucu2, salah satunya acara mirip "Katakan Cinta" gitu di mana kita diperbolehkan nembak seseorang yg kita suka di atas panggung ato nyatain cinta terhadap pasangan kita. Gua pikir, ah mana mungkin ada yg berani ngelakuin kayak gitu, spontan, tanpa skenario...tapi ternyata ada, 

BANYAK malahan...dan endingnya pun macem2, hahaha. Salah satu yg paling berkesan buat gua adalah pasangan yg jadian di atas panggung, kemudian mereka ciuman. Aih, co cwit banget.



Acara "Katakan Cinta"

Dancenya juga bagus2, kombinasi antara modern, folkdance, dan juga tradisional. Dan ternyata, remaja2 China juga tergila2 sama Gangnam Style. Dari sejak gua ke China, selama 2 bulan terakhir ini, gua udah sekitar 3-5 kali ngeliat pertunjukan/festival di sini, dan tiap kali selalu aja ada yg nari Gangnam Style. Malah yg gilanya, begitu lagu Gangnam Style diputer, orang2 di dalam gedung langsung otomatis jingkrak2...kayaknya semua orang di sana tuh ga ada yg ga bisa nari Gangnam Style, edun...

Ini dia video dancenya. Isinya cowo2 nari gitu, bukan tarian keren tapinya, tarian lucu2an, dan di paling belakang mereka akan nari Gangnam Style, hehehe. Buat yg tertarik pengen liat, silakan dilihat videonya :
 

Oke, segini dulu ya cerita gua seputar Singles Day di China. Semoga temen2 pembaca yg jomblo cepet dapet jodoh yaaa. Jangan menyerah, karena suatu hari semua usaha kalian akan berbuah manis. Gua percaya.

Andaikan ada yg kasih gua kado kayak gini...yummy...
Di Indonesia akan menyusul Acara Single Day, mungkin tahun depan atau dua tahun lagi Popularitas Acara Single Day akan menyamai Valentine Day 

kaos couple